30.12.14

Day One

Tanggal 27 Desember 2014 pukul 05.11, aku bangun kesiangan. termasuk kesiangan karena janjian pukul 05.30. Grusa grusu banget, bangun tidur nggak pakai duduk dulu langsung berdiri terus lari ngambil anduk, makan, mandi. Hujan lumayan deras. Aku diantar menggunakan mobil. Sesampainya sekolah pukul 6.15. Udah merasa bersalah banget dateng jam segitu tapi ya gimana lagi. Terus aku berkumpul sama teman-teman. Packing tas dan checking perlengkapan. Semua udah fixed. Waktu itu yang dateng baru 29 dari 32. Kita dikumpulin di joglo karena hujan untuk sharing-sharing dengan kakak pembina. Lalu, baris perbanjar. Aku menjadi ketua sangga baris paling depan. Kak pembina memberi banyak banget arahan yang intinya kita harus sportif jujur dan ramah. Ketika dibariskan aku kaget banget, anggotaku kurang satu. Panik, udah dihubungi nggak jawab, disms nggak jawab. Padahal kita dijadwalkan berkumpul untuk upacara pembukaan pada pukul 07.00 dan saat itu jam sudah menunjukkan pukul 06.40. DEG. Sampai ditunggu 5menit kemudian salah satu anggotaku masih tetap belum datang, akhirnya kita memutuskan untuk meninggalkannya dan bertemu di Korem.



sekitar 07.15
Kita tiba di Korem untuk upacara pembukaan. FYUH, sesuatu paling membosankan adalah upacara. Badanku sampai lemas gara-gara berdiri dan menunggu selesai. Akhirnya aku memutuskan ke kamar mandi untuk duduk. wkwkwk. Saat amanat selesai dibacakan aku kembali ke barisan, dan upacara selesai. Kita langsung cepat-cepat mengambil tas yang berisikan perlengkapan bertahan hidup selama 4 hari kedepan. Tasku beraaaaatttt banget tapi tidak lebih berat daripada yang lain sih:))
Ketika komandan jalan (Komja) yang bertugas untuk memulai perjalanan ini sudah bersiap-siap membentuk barisan para peserta berlari, berdesak-desakkan menuju belakang Komja. Aku langsung berlari untuk mendapatkan lini depan. Tetapi... "anak-anakku mana?!" mereka tertinggal dibelakangku. Waduh, panik banget. aku udah dapet barisan depan tapi mereka belum sampai di dekatku. Lalu aku membalikkan badan dan mencari mereka.

sekitar 08.45
Saatnya memulai perjalanan. Perjalanan dimulai dari Korem ke krapyak sampai Pleret. Semua peserta PDT masih punya tenaga-tenaga seperti kuda pada hari itu. Aku sebaliknya, semakin aku berusaha untuk bisa di depan ternyata aku semakin mundur. Tas terasa semakin berat karena badan sudah capek kaki sudah pegel. Aku termasuk dalam Fatmawati 2 yang berisikan delapan orang. Dengan 3 orang seangkatan dan 5 orang adik kelas. Fatmawati 2 tidak berdiri sendirian, dibelakang kami ada Fatahillah 2 yang bertugas membantu dan menjaring dari pangkalan SMA kami.
Aku selalu berjalan dibelakang, kalau di depan sendiri ada namanya komja kalau dibelakang ada namanya penjaring. Dan aku selalu bareng penjaring;)))
Di tengah-tengah perjalanan pundakku terasa seperti di sembret pisau, cekit-cekit-cekit. Udah jalan dibelakang sendiriiii makin lama jalannya karena pundak. YaAllah. Hari pertama itu rasanya aku pengen kabur... tapi ternyata... Fatahillah 2 mau bantuin aku;') ya ampun tasku dibawain sampai di POS pertama. Kira-kira jarak antar basecamp ke pos dan pos ke pos itu bisa sampai sekitar 10km-an. fyuh, kalau ditulis sih keliatannya dikit. Waktu di praktekin, gila ajaaa!! Udah nggak ada olahraga yang bisa ngalahin capeknya ini.

sekitar 12.00pm
Aku tiba di POS pertama dengan urutan paling terakhir diantara anggota-anggota sanggaku. Malu sih, tapi cuek aja. Kita langsung menuju kakak-kakak penjaga POS untuk laporan dan meminta soal. Setelah itu kita menyanyikan yel-yel dengan semangat dan terikan.
"PDT AKU IKUT PDT KAMU JUGA IKUT PDT!!! BERUSAHA TUK JADI PENGEMBARA BERSAMA KITA PASTI BISA, JALAN-JALAN KELILING JOGJA 4 HARI BADANKU SAKIT SEMUA, TAPI ASIK. ASYIIIIIKKKKK!! SIK ASIK SIK ASYIK IKUT PDT, SIK ASIK SIK ASIK IKUT PDT, TERASA DIHATI BERBUNGA-BUNGA KETIKA SMADAAAAAA JADI JUARA" yel-yel kita ngemix dari lagu lupa-lupa ingat, ayu tingting yang apa ya itu sik asyik, judulnya lupa wkwk sama satu lagi lupa. Intinya ada 3 lagu yang kita mix dijadikan satu. hehehehe.
Salah satunya hal yang bisa membuat kita semangat lagi yaitu yel-yel. Kerasaa banget kalau semangat kita balik lagi padahal badan udah capek banget:')
istirahat kurang lebih 15menitan, men-charge ulang tubuh dengan roti-rotian, biskuir, vitamin dan minuman isotonik. Lalu kita siap berkelana kembali!
Sama seperti tadi, aku tidak ada peningkatan. Aku berjalan paling akhir, dan kali ini lagi lagi di tengah perjalanan aku melepaskan tas dari badan. Sungguh egois batinku. Sampai aku meneteskan air mata ditengah perjalanan. Ini baru hari pertama dan sudah gini rasanya, gimana hari-hari berikutnyaaaa... berjalan sambil merenungi nasib. Tiba-tiba aku bertemu dengan teman-temanku yang sudah berjalan didepan. Salah satu temanku berhenti dan melihat kearahku lalu memeluk "kamu kenapa nggit?" "nggak tau, rasanya berat banget. i did only once in my life!!" aku merasa benar-benar egois dengan semuanya. Pertama, karena aku mengandalkan temanku untuk membawakan tasku yang ternyata tidak seberapa dibanding milik mereka. Kedua aku ingin kabur. Ketiga jalanku mempelambat mereka. Keempat aku bisa mempengaruhi psikologis mereka juga karena aku menangis. Aku egois, benar-benar egois.
Sebelum sampai di POS kedua aku sudah memakai tasku kembali. Dan berjalan kembali ke basecamp di daerah lapangan pleret. Sesampainya dibasecamp hujan deres sekali, makanya kita diusingkan tidur di pasar dekat lapangan pleret.
Hari pertama usai;)

Day TWO-THREE-FOURnya to be continue ya

No comments:

Post a Comment

thanks for comments :)